Rabu, 29 Oktober 2014

Kecanduan Internet

Mengapa internet bisa membuat seseorang atau orang-orang menjadi kecanduan?

Mungkin tidak sedikit orang mencari gadget untuk terhubungkan dengan internet. Bahkan ada pula yang terganggu jam tidurnya karna tidak bisa lepas dari internet.
Internet sendiri bukan hanya tentang mencari informasi saja, tetapi kita juga bisa menemukan game-game yang banyak variasinya, lalu situs-situs yang bisa berkomunikasi dengan orang luar. Internet juga termasuk akses yang cepat dan murah. Kecanduan internet seperti ini dipengaruhi oleh struktur internet itu sendiri. Karna internet termasuk kegiatan yang kompulsif, menarik dan mengalihkan perhatian. Maka dari itu banyak orang-orang menjadi lupa waktu ataupun tidak bisa meninggalkan dunia internet walau hanya 1 menit.


Bagaimana solusi untuk mencegah kecanduan internet?

Pertama, niat atau tekad yang kuat dan itu kunci utamanya kalau kita memang ingin mengurangi ketergatungan dengan internet. Kedua, kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan berlama-lama menggunakan internet. Yang biasanya 12 jam menggunakan internet, coba kurangi 2 jam untuk melakukan kegiatan yang lain. Ketiga, ubah pola kebiasaan online dengan mengatur waktu online. Kita harus membiasakan diri untuk tidak membuka media sosial misalnya kebiasaan membuka media sosial ketika akan tidur dan bangun. Lalu kita ubah menjadi ketika bangun atau akan tidur kita melakukan aktivitas di luar menggunakan media sosial. Keempat, perbanyak melakukan kegiatan misalnya dengan berolahraga, kumpul sama teman-teman dan keluarga, membaca buku dll. Jadi kita bisa merubah kebiasaan buruk untuk tidak menggunakan internet terus menerus secara perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About this blog

About

Followers

About Me

Foto saya
Music speaks when words can't